Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

iklann



Iklan


 

Iklan


 

iklan kpu



Indeks Berita

Jamaah Haji Kloter 2 Debarkasi Medan Menunggu di Bandara Madinah 10 Jam

Kamis, 27 Juni 2024 | 27.6.24 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-27T07:37:10Z

www.tigadaramedia.com

Bunda Hj Khalijah mengantar jamaah kepada keluarga yang menjemput.

Medan : Sekira 359 jamaah haji yang tergabung dalam Kloter debarkasi Medan tiba di Tanah Air sekira pukul 08.00 WIB pada Selasa (25/06/2024). Ketibaan mereka mengalami keterlambatan atau delay selama lebih kurang 4 sampai 5 jam. Salah seorang jamaah haji Kloter 2, mengatakan para jamaah sempat berada di Madinah sekira lebih kurang 10 jam.

"Kami pukul 05 pagi waktu setempat sudah bergerak ke Bandara dan sekira pukul 05 sore waktu Madinah baru berangkat. Ada sekira 10 jam kami di Bandara Madinah,” ujarnya  (26/06/2024). 

Selain itu, lanjut dia, jamaah tidak diberi makan saat di Bandara. Baru pada pukul 09 malam saat di atas pesawat baru makan siangnya. “Anehnya ketika kami bertanya kepada pihak Garuda yang di Madinah tentang jam keberangkatan ini kapan, mereka marah-marah. Yang bertanya Ustad pembimbing kami,” lanjutnya.

Ini adalah ibadah pisik jadi semua pihak yang terlibat dan terkait harus transparan. Seperti pihakya Garuda, katanya haruslah memberikan pemahaman dan penjelasan informasi keberangkatan pesawat haji. Bukan marah marah saat ditanya. “Saya kira perlu perbaikan di segala lini lah agar jamaah tidak bertanya tanya,” ungkapnya.

Di Asrama Haji ruang Madinatil Hujaj, jamaah haji Kloter 2 disambut Kakanwil Kemenag Sumut, H Ahmad Qosbi Nasution yang diwakili Kabag TU Kanwil Kemenag Sumut, H Muhammad Yunus. Dalam sambutannya ia mengatakan, setelah lebih kurang 42 hari berangkat dan hari ini diterima kembali di Asrama Haji. “Kami ucapkan selamat kembali ke Tanah Air semoga menjadi haji mabrur dan mabrurah,”ujarnya.

Dikatakan ibadah-ibadah dan kebiasaan-kebiasaan baik yang dilakukan selama di Tanah Suci, teruslah lakulan di Tanah air dan di rumah serta lingkungan masing-masing. “Selamat kepada haji dan hajjah semua, setelah ini kami kembalikan bapak ibu haji dan hajjah sekalian ke rumah masing-masing,” ujarnya. 

Jamaah haji Kloter 2 ini berangkat utuh, pulang pun utuh dan disampaikan ke keluarga agar semua sehat-sehat.

Sementara mewakili Pemprovsu, Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut, Rusdin Pinem mengarakan para jamaah haji yang baru tiba akan dipantau kesehatannya sampai 21 hari ke depan. “Kondisi bapak ibu menjadi tugas Dinkes untuk memantau kondisi kesehatan dinl rumah. 

Bapak ibu bila mengalami gangguan kesehatan seperti jantung, demam, panas dan lain lain mohon segera berobat ke Puskesmas terdekat,” jelasnya.

“Kita harapkan kondisi seluruh jamaah tetap sehat. Datanglah ke Puskesmas untuk melaporkan kondisi kesehatannya. 

Hadir dalam penyambutan Kloter 2 debarkasi Medan adalah Kepala UPT Asrama Haji Medan, Ramlan Sudarto, Kabid PHU Kanwil Kemenag Sumut, Zulfan Effendi, Kabid Penerimaan dan Pemberangkayan Haji Torang Rambe, Plt Kakan Kemenag Medan Untung Nasution dari pihak Baznas dan lainnya. 

( Syafii )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update